Tips Mendekorasi Ruang Tamu Agar Nyaman

Sebuah ruang tamu pasti harus memiliki desain yang ramah untuk tamunya. Hal ini tentu saja bisa dirasakan oleh para pengunjung ketika ruang tamu didesain dengan baik.

Tentunya bukan sekedar rapi dan juga menarik saja namun juga harus ada beberapa hal lain yang peril diperhatikan oleh pemilik rumahnya.

Nah, untuk kalian yang bingung ingin mendesain ruang tamu kalian seperti apa, yuk simak di bawah ini.

1.Berikan Suasana Yang Mengundang Dan Berikan Dekorasi Yang Cantik

Berikan Suasana Yang Mengundang Dan Berikan Dekorasi Yang Cantik

Kesan pertama memang sangat mempengaruhi suasana tamu yang baru datang. Dengan mendesain pintu yang diberikan berbagai hiasan, teras yang bersih, ataupun hall yang cerah, tamu pun akan merasa senang.

Mereka akan merasa disambut dengan ramah oleh penghuninya. Meletakkan tanaman di dekat pintu pun juga menjadi salah satu cara membuat ruangan lebih fresh.

Ketika masuk ke dalam ruang tamu, tentunya mata tamu akan tertuju pada satu area di dalam ruang. Seperti halnya pertama kali membuka pintu, tamu akan melihat penghuni dan juga background di belakangnya.

Jika itu adalah dinding yang sejajar dengan bukaan pintu, maka pemberian warna ataupun lukisan di area tersebut akan menambga nilai plus di ruang tamu.

Salah satu trik paling popular dalam mendesain ruang tamu kecil adalah dengan penggunaan palet warna yang kalem dan netral. Tidak dapat dipungkiri kalau pemilihan warna yang tepat, serta dekorasi rumah yang dipilih akan sangat menentukan aura ruangan hingga mood pemilik rumah.

Prioritaskan warna-warna cerah seperti putih, krem, atau abu muda untuk dinding, lantai, dan peralatan rumah tangga utama.

Warna-warna tersebut bisa memantulkan cahaya. Selain memberi efek lebih lapang, pilihan warna-warna ini akan menghasilkan sebuah ruang tamu kecil yang terlihat elegan dan terasa nyaman.

2.Atur Layout Sirkulasi Antara Tamu Dengan Furniture Di Dalam Ruangan Dan Pilih Furniture Yang Tepat

Atur Layout Sirkulasi Antara Tamu Dengan Furniture Di Dalam Ruangan Dan Pilih Furniture Yang Tepat

Ketika akan duduk tentunya tamu perlu merasakan alur yang nyaman sehingga mudah menempati kursi tamu ataupun ke area lainnya.

Seperti halnya jarak antar kursi dengan mejanya sehingga tamu tidak terasa sumpek dan tetap nyaman ketika berada di dalam ruangan.

Sofa yang lembut, meja dengan ketinggian tertentu, hal-hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kenyamanan tamu.

Seandainya kursi yang digunakan di ruangan tersebut adalah kursi kayu tanpa bantalan tentunya tamu akan merasa pegal karena teksturnya yang keras.

Ataupun pemilihan kursi tanpa sandaran juga akan mengurangi kenyamanan tamu. Begitu pula meja yang berada di ruangan ini tentu akan berbeda dengan meja yang berada di ruang makan. Sesuaikan juga ukuran furniture dengan ukuran ruang tamu.

3.Perhatikan Aroma, Pencahayaan Di Dalam Ruangan Dan Sirkulasi Dari Ruang Tamu Ke Ruang Lainnya

Perhatikan Aroma, Pencahayaan Di Dalam Ruangan Dan Sirkulasi Dari Ruang Tamu Ke Ruang Lainnya

Salah satu hal yang tidak tampak tapi cukup mempengaruhi kenyamanan adalah aroma. Aroma atau bau yang tidak sedap akan membuat tamu tidak betah dan ingin cepat pulang.

Maka dari itu lengkapi ruang tamu dengan pewangi ruangan. Jika ingin aroma yang lebih alami dan juga segar, letakkan tanaman beraroma wangi di dalam ruangan seperti pada vas bunga atau pot tanaman di sudut ruangan.

Tidak sedikit tamu yang berkunjung akan menumpang ke toilet di rumah ataupun ke area lain dalam rumah yang masih bersifat publik. Sirkulasi dari ruang tamu ke ruangan publik tersebut tentunya harus jelas tanpa ada barang-barang melintang yang menghalangi di dalam ruangannya.

Ruang tamu identik dengan ruang yang dilingkupi jendela ataupun cukup terbuka di berbagai sisinya. Pencahayaan alami pun juga akan mudah masuk ke dalam ruangan sehingga memberikan tampilan yang lebih cerah.

Adapun selain pencahayaan alami, lampu di dalam ruangan ini juga perlu diperhatikan. Berikan lampu yang terang dan juga memberikan kenyamanan untuk orang yang berada di dalamnya. Tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu redup sehingga mata tidak terasa silau di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat design ruang tamu lebih nyaman. Semoga bermanfaat.