Tips Desain Ruang Rapat Agar Nyaman

Kreativitas adalah keharusan dari dunia bisnis dan sesuatu yang banyak pemilik bisnis dan eksekutif cari di staf mereka untuk membantu perusahaan mereka berinovasi dan berkembang.

Kreativitas bukanlah sesuatu yang dapat dipaksakan atau yang cenderung tumbuh di lingkungan yang sangat ketat, dan ruang rapat konvensional dapat menjadi pembunuh kreativitas yang tidak menumbuhkan kolaborasi produktif.

Kolaborasi di dunia professional atau kerja memang tak bisa terlepas dari kegiatan diskusi atau rapat, baik dengan rekan kerja di kantor ataupun mitra dari perusahaan lain. Hal inilah yang membuat fungsi dari ruang rapat sangat dibutuhkan dalah sebuah kantor.

Bukan rahasia lagi jika ruang rapat harus dimaksimalkan demi kepentingan pekerjaan yang semakin lancar dan berkembang.

Karena itulah, pemilik perusahaan harus bisa memberikan perhatian ekstra pada desain dan fitur ruang rapatnya agar suasananya lebih nyaman dan tidak menegangkan.

Dengan begitu, diskusi pun jadi semakin lancar dan menyenangkan. Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips desain ruang rapat yang harus kalian coba terapkan.

1.Bayangkan di Luar Atau Dalam Ruangan

Bayangkan di Luar Atau Dalam Ruangan

Karena sudah adanya teknologi seluler, pertemuan saat ini tak lagi harus berlangsung di ruangan khusus.

Fleksibilitas di ruang kerja sosial adalah kunci untuk mendorong kreativitas, ruang kerja sosial dirancang berdasarkan bagaimana lingkungan mempengaruhi suasana hati, perilaku, dan kemampuan untuk menciptakan.

Mereka memungkinkan ruang fleksibel yang bisa digunakan untuk mengupulkan berbagai pemangku kepentingan Bersama – sama.

Saat kalian berpikir untuk merancang ruangan rapat, bayangkanlah lebih dari sekedar ruang rapat dewan konvensional dan pengaturan proyektor.

Cobalah untuk fokus pada interaksi sosial yang terjadi sebagai gantinya dan bagaimana hal seperti ini dapat diperkuat.

Ini adalah pergeseran dari ruang yang didefinisikan sebagai “wadah” ke ruang sebagai “perantara”. Ini terlihat lebih dari monumentalitas lingkungan kerja untuk sesuatu yang lebih cair, rendah hati, terhubung, menginspirasi dan sehat.

Berpikir di luar kebiasaan bisa berarti memasang meja tenis di sebelah meja konferensi untuk percikan permainan di antara rapat.

Kantor juga bisa memiliki area breakout atau istirahat dengan proyektor, ideal untuk pertemuan informal, di sebelah mesin game ding dong untuk istirahat sejenak.

Untuk ruang individu dengan ruangan, kantor berdinding kaca bisa diganti dengan caravan atau benda unik lain untuk memicu kesenangan dan kreativitas.

‘Meeting Pods‘ menciptakan tempat pertemuan yang lebih informal tanpa sesuatu yang terlalu ‘aneh’, dapat dibuat bermacam-macam gaya, seperti : sekolah / kampus, restoran, kafe dan lain-lain. Dengan desain ini, staf dapat berkolaborasi di area yang tenang, semi-pribadi, dan informal.

Selain itu, karyawan juga harus bisa bekerja di luar dinding Gedung perusahaan mereka. Kita juga perlu menyesuaikan diri dari focus berpusat paa bangunan ke hal yang lebih luas yang berfokus pada orang – orang dan memungkinkan mereka untuk bekerja di mana saja dan kapan saja.

Tempat kerja tidak boleh lagi dianggap sebagai tempat untuk mengisi orang-orang yang bekerja di sana, tetapi sebagai basis dari mana mereka bebas untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan yang baru.

Terkadang lokasi baru dapat memicu percakapan dan kreativitas. Perusahaan dapat menyewa ruang kantor sementara, termasuk ruang rapat, kamar di rumah pedesaan atau hotel, atau kantor yang lebih tradisional di tempat-tempat di seluruh pelosok.

Jika tim kalian akan perlu melakukan perjalanan ke kota atau negara tertentu untuk menginspirasi tim lain, kalian dapat memesan ruang rapat per jam atau untuk hari itu secara online maupun offline.

2.Utamakan Kenyamanan

Utamakan Kenyamanan

Ruang rapat konvensional berfokus pada formalitas, dengan oran – orang duduk di kursi didukung di sekeliling meja besar.

Namun, tidak mungkin orang akan bisa mencapat potensi kreativitas mereka di lingkungan perusahaan seperti ini.

Tidak ada alasan mengapa ruang rapat kalian tidak bisa menjadi tempat yang mengundang kenyamanan, dan karena itu perlu diatur ruang yang ideal bagi orang untuk bersantai dan berbagi ide.

Ruang rapat dapat diberi nama sesuai dengan sesuatu yang berkaitan dengan bisnis kalian. Ruang-ruang rapat tersebut dapat dibuat sesuai dengan tema yang diangkat sehingga dapat menciptakan tempat yang nyaman untuk berbagi ide.

Nah, itulah beberapa tips mendesain ruang rapat kalian. Semoga bermanfaat,